
KUNINGAN, SUARAWARGA.ID – Dalam rangka meningkatkan pemahaman pelanggan terhadap layanan pencatatan meter mandiri, PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan Cirebon melalui PLN Unit Layanan Pelanggan (ULP) Kuningan menggelar kegiatan edukatif bertajuk “Belajar Swacam Bareng PLN Kuningan”.
Di pekan terakhir bulan Juni ini, Manajer ULP Kuningan Febby Aditia bersama tim Billing Management (Billman) terjun langsung ke lapangan, menyambangi rumah-rumah warga untuk mengenalkan manfaat penggunaan Swacam (Swadaya Catat Meter) secara langsung.
Melalui pendekatan door-to-door, pelanggan diajak memahami cara menggunakan fitur Swacam melalui aplikasi PLN Mobile. Layanan ini memberikan kemudahan bagi pelanggan dalam mencatat angka meter listrik secara mandiri, sehingga dapat meningkatkan transparansi dan kendali terhadap konsumsi listrik.
“Swacam hadir untuk memudahkan pelanggan mencatat sendiri pemakaian listriknya secara cepat dan akurat. Dengan layanan ini, pelanggan juga bisa lebih bijak dalam mengelola konsumsi energi di rumah,” jelas Febby, selaku Manajer ULP Kuningan
Kegiatan ini juga menjadi sarana untuk mengingatkan pelanggan agar melakukan pelaporan angka meter di periode yang telah ditentukan, yakni setiap tanggal 23 hingga 27 setiap bulannya, serta membayar tagihan listrik tepat waktu demi kenyamanan bersama.
Tak hanya fokus pada Swacam, kegiatan ini turut menghadirkan Team Leader K3L, Bapak Nasuha, yang menyampaikan edukasi tentang potensi bahaya kelistrikan di lingkungan rumah. Sosialisasi ini bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya instalasi listrik yang aman dan penggunaan alat listrik sesuai standar keselamatan.
Melalui kegiatan ini, PLN ULP Kuningan menunjukkan komitmennya untuk terus hadir lebih dekat dengan masyarakat, memberikan edukasi yang relevan, serta membangun budaya penggunaan listrik yang aman, bijak, dan mandiri.(via/rls).